Dofollow

Kamis, 26 September 2013

cara meningkatkan karier

Setelah diterima menjadi karyawan pada perusahaan idaman, langkah selanjutnya yang harus kita pikirkan adalah bagaimana meningkatkan jenjang karier. Berpuas diri dengan jabatan saat ini tentu akan membuat jenjang karier kita mandek.

Recruitment Section Head TEHNIP Niken Wari menyebut, ada beberapa cara ampuh untuk meningkatkan jenjang karier. Pertama, lanjutnya, ada tujuan yang ingin dicapai, dalam hal ini jenjang karier yang ingin diraih pada kurun waktu tertentu.

"Sudah diterima di perusahaan tujuan, kita harus moving on, yaitu berkembang dan membangun karier. Harus ada visualisasi tujuan, jangan dibiarkan mengalir begitu saja karena akan terus-menerus ngaret," ujar Niken, saat menjadi pembicara dalam Kompas Karier Fair 2013, di Balai Kartini, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Setelah memiliki target, kata Niken, harus ada upaya yang dilakukan untuk meraih tujuan tersebut. Salah satu cara yang harus ditempuh adalah dengan meningkatkan kemampuan yang dimiliki, baik soft skills maupun hard skills.

"Jangan cuma punya keinginan, tapi juga ada usaha dengan membangun soft skills dan hard skills. Bangun soft skills, orang pintar dari segi teknis tidak akan mencapai karier lebih baik tanpa soft skills, yakni kemampuan berkomunikasi, kerja tim, dan menghadapi orang lain. Jangan menutup diri, bahkan saat orang tersebut sudah CEO," imbuh wanita berkerudung itu.

Menurut Niken, kedua langkah yang telah dilakukan tadi harus dilengkapi dengan kemampuan menjual diri (marketing profile). Sebab, tambahnya, kemampuan yang baik namun tidak pernah ditunjukkan maka tidak akan pernah mendapat kesempatan untuk meraih jabatan yang lebih tinggi.

"Marketing-kan diri, jangan malu. Punya tujuan dan kembangkan diri tapi tidak pernah menjual diri tidak akan ada yang tahu. Berani ambil kesempatan karena kesempatan tidak datang dua kali dan tidak datang ke sembarangan orang. Jadikan tantangan sebagai kesempatan untuk menunjukkan diri, serta terus membangun jaringan," ungkap Niken.

Dia mengingatkan, membangun karier bukanlah proses yang instan. Ada perjalanan panjang yang harus ditempuh dan usaha yang harus dilakukan untuk dapat meraih sukses.

"Jenjang karier bukan proses yang instan. Yang penting jangan pernah berhenti mengembangkan diri dan mengambil kesempatan. Jangan malu untuk belajar dari orang lain, bahkan office boy sekalipun karena mereka bisa jadi inspirasi," tandasnya. (ade)

http://kampus.okezone.com/read/2013/09/02/370/859198/mau-karier-cepat-naik-ini-tipsnya