Dofollow

Jumat, 27 September 2013

defenisi dan pengertian rumah adat daerah

   
Rumah adat atau yang biasa di kenal dengan rumah tradisional merupakan pencitraan dari ragam suku bangsa yang ada baik di indonesia maupun di seluruh dunia, rumah adat sering kali kita jumpai di balai-balai kota atau daerah-daerah yang masih memegang teguh adat istiadat daerah setempat. setiap lekuk dan bentuk dari bangunan rumah adat mempunayi makna dan arti tersendiri atau biasa di sebut dengan perlambang. pada zaman dahulu rumah adat di huna oleh para penduduk, namun lain halnya pada zaman sekarang, rumah adat biasanya digunakan untuk pertemuan yang sifatnya membahas hukum perdata atau hukum adat.

Rumah Adat merupakan Bangunan rumah yang mencirikan atau khas bangunan suatu daerah di Indonesia yang melambangkan kebudayaan dan ciri khas masyarakat setempat.Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman dan kekayaan budaya, beneraka ragam bahasa dan suku dari sabang ampai merauke sehingga Indonesia memiliki banyak koleksi rumah adat.
 
Hingga saat ini masih banyak suku atau Daerah-daerah di indonesia yang masih mempertahankan rumah adat sebagai usaha untuk memelihara nilai – nilai budaya yang kian tergeser oleh budaya modernisasi. Biasanya rumah adat tertentu dijadikan sebagai auala (tempat pertemuan), musium atau dibiarkan begitu saja sebagai obyek wisata.
Bentuk dan arsitektur rumah-rumah adat di indonesia masing-masing daerah memiliki bentuk dan arsitektur berbeda sesuai dengan nuansa adat setempat.Rumah adat pada umumnya dihiasi ukiran-ukiran indah, pada jaman dulu, rumah adat yang tampak paling indah biasa dimiliki para keluarga kerajaan atau ketua adat setempat menggunakan kayu-kayu pilihan dan pengerjaannya dilakukan secara tradisional melibatkan tenaga ahli dibidangnya, Banyak rumah-rumah adat yang saat ini masih berdiri kokoh dan sengaja dipertahankan dan dilestarikan sebagai simbol budaya Indonesia.
1. rumah gadang / minang kabau adat padang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMV3IvnY9LvWDScKrkL5gJRv3SbPmaYKonvIlFpn5xEeVbCKlTlr8AljXd51oNYf7Hby0RWAGFg4mmotM4_oqEpmZHSjn7fOzsBu-yV8u0PkTE2vLaQBtqih_hAmMSoIqeodMYMZrx5-8/s1600/pagaruyung_palace.jpg 
2. rumah adat  krong bade nagroh aceh darussalam (NAD)
 
3. rumah bolon adat sumatera utara
4. rumah rakyat provinsi bengkulu
di atas adalah 4 gambar dari 33 rumah adat yang ada di indonesia. masih terdapat banyak adat istiadat yang ada pada negeri yang tercinta ini,,,HHMMMM,,, bangga donk jadi warga negara indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar